Tulisan yang tertulis begitu saja

Saya mencoba berjalan pada jalan yang sama yang belakangan mulai saya tinggalkan. Mencoba kembali, itulah niat di hati. Saya pikir semua akan seperti biasa, sama. Saya tertawa, mendengarkan, berbicara, semuanya nyata dan saya juga sadar melakukan itu semua.

Tak lama. Saya belum bisa bertahan lama seperti biasa. Lalu semua terasa kaku, kelu, namun saya bertahan sampai tak sadar bibir berubah membiru. Ahh, saya belum sesiap itu. Saya belum siap kembali seperti dulu..

Saya hanya ingin tinggal di rumah, pulang setelah bertahun-tahun pergi berkelana kemanapun yang saya suka. Tidak tahu mengapa, namun saya merasa sudah begitu tua.. bahkan menjelang renta.. Tubuh saya rentan dengan angin yang dingin, matahari yang menerik, pandangan berkunang sampai rasanya (mudah) ingin pingsan, tak sadar..

Di rumah saya menemukan sofa empuk yang membiarkan saya mengistirahatkan tubuh. Sandarannya membuat saya bisa melepas lelah. Saya bisa menjadi diri saya di dalam rumah, berlaku tanpa harus malu. Rumah memberi saya tenaga jika harus keluar dan menyapa manusia lainnya.

Saya tak kan katakan bahwa selama ini bahagia semu belaka, kemudian indah menjadi tanpa makna. Tidak. Karena saya tahu apa itu bahagia, melihat indah bagian dari nyata, mendengar tawa lalu merasuk ke sukma.. Jadi saya sedang tidak bicara bahagia atau duka, senang atau nelangsa, semu melawan nyata.. Saya hanya merasa kalau saya ingin lebih lama berada di dalam rumah kali ini..

Pergi, berkelana, pulang, lelah, tua, renta.. sungguh saya tak ada rencana. Seemua berjalan bahkan kadang tanpa sempat saya duga, seperti tulisan ini yang tertulis begitu saja..

One thought on “Tulisan yang tertulis begitu saja

Leave a Reply

