My “First” Online Experience

Let’s start the story, folks ^_^

Ingatan saya melayang pada kira-kira dua tahun yang lalu. Waktu dimana saya merasa baru mengenal salah satu bagian dari dunia maya, yaitu blog dan situs pertemanan online dengan nama Multiply. Bagi saya perkenalan dengan blog juga Multiply telah membuat sejarah tersendiri dalam hidup saya. Blog dan Multiply menjadi salah satu bagian terpenting untuk saya meraih gelar Sarjana Sosial.

Saya masih ingat bagaimana tekad saya begitu kuat untuk menulis skripsi tentang penulis sekaligus novelis favorit saya, Fira Basuki. “Pilih tema yang kamu suka, maka itu akan membantu kamu mengerjakan skripsimu.” Begitu salah satu nasehat yang saya dengar saat itu. Hmm.. masuk akal.. Karena ketika kamu mengerjakan sesuatu yang kamu sukai secara otomatis kamu akan lebih bersemangat.

Tema yang saya ambil adalah tentang Publisitas pesohor. Saya memutar otak dari sudut mana saya akan menulis dan meneliti Publisitas. Saya browsing mencari ide. Sampai kemudian saya tiba-tiba menyadari kalau salah satu hal penting dari Fira Basuki berkaitan dengan publisitas adalah keberadaan blognya di http://www.multiply.com. FIRA’S FIRE LIGHT UP! Itu nama Multiply Fira Basuki dengan alamat http://www.firabas.multiply.com.

Well.. saya juga punya multiply yang saya buat hampir setahun sebelum awal penulisan skripsi berlangsung. Multiply saya sungguh tidak terawat. Blognya sangat jarang saya update. Mau tahu kenapa? Sssttt.. sini, saya beritahu kamu sebuah rahasia. Sebenarnya saya membuat blog di Multiply hanya karena Fira Basuki hehehehe.. :p

Yup, dengan media Multiply saya ingin sekali dapat berkomunikasi dua arah dengan novelis favorit saya. Saya hanya ingin mengetahui segala sesuatu tentangnya, termasuk komentar banyak orang tentang Fira, novelis yang selama ini novel-novelnya selalu saya tunggu kehadirannya di toko buku. Hey, tidak hanya itu. Karena selama ini novel-novel karya Fira juga selalu dapat membuat saya memandang hidup dengan lebih luas lagi, saya berpikir cerita-cerita keseharian yang dituangkan Fira dalam blognya pun pasti bisa menjadi inspirasi tersendiri juga untuk saya.

Balik lagi ke skripsi. Menyadari bahwa Multiply Fira bisa menjadi bahan penelitian skripsi saya, saya pun mulai rajin menulis blog lagi. Tidak hanya itu, saya kemudian gencar menambah “perbendaharaan” teman untuk Multiply saya alias ‘add as friend’. Tahu nggak? Saya memulainya dengan hanya meng-add teman-teman Multiply Fira menjadi teman Multiply saya. Tujuan utamanya hanya satu. Saya memerlukan para pengagum Fira Basuki untuk menjadi narasumber saya berkaitan dengan Fira dan tentunya Blog beliau di Multiply hihihihi.. Azas manfaat yach?! Nggak apa-apalah demi skripsi :p

Saat-saat itulah saya mulai lebih mengenal apa itu blog, manfaatnya, kegunaan, bahkan keuntungan yang bisa saya dapat dengan menjadi seorang blogger. Blog membuat saya mendapat dukungan lebih dari yang saya pernah kira sebelumnya. Berbagai macam orang atau mari kita menyebutnya sebagai blogger saja, yang tidak saya kenal dalam dunia nyata banyak menyatakan dukungan agar saya dapat menyelesaikan skripsi saya. That was made me rock, guys! =) (sumpah deh, ini nggak lebay)

Lebih dari lima puluh kuesioner saya kirimkan melalui fasilitas message Multiply dan juga email kepada para blogger yang juga mengagumi Fira. Saya juga menghubungi beberapa blogger lainnya untuk bertatap muka langsung dengan saya karena saya perlu mewawancarai mereka tentang Fira Basuki dan FIRA’ S FIRE LIGHT UP!

And guess what guys?!?! “Perkenalan” saya dengan blog, dengan Multiply membuat saya tidak hanya bisa ngobrol, namun juga bertemu Fira Basuki her self! Yeay!! Bagaimana tidak, karena saya kan harus meminta ijinnya terlebih dahulu karena ingin menjadikan Multiplynya sebagai bahan skripsi saya. Saya juga harus mewawancara beliau kan?! Hahahahaha.. dan saya pun bertemu dengan Fira Basuki untuk yang pertama kali tepat sehari setelah hari Ulang Tahun saya. What a great gift!😀

Empat bulan kemudian, Wallaaa!! saya lulus. Mmm.. skripsi saya memang tidak berhasil mendapat nilai A, namun B+. Bagi saya itu sudah lumayan hehehehe.. Secara waktunya juga hanya empat bulan, lalu metode yang saya pakai adalah campuran kualitatif dan kuantitatif, nilai B+ nggak bisa dibilang buruklah :p

Tunggu tunggu, ini belum selesai. Ketika skripsi saya selesai dan saya serahkan copy-nya kepada Mbak Fira (Begitu saya menyapa beliau), Fira Basuki membuat satu postingan tersendiri di blognya tentang skripsi saya dengan judul “Terimakasih Esti”. It’s a WAW for me😀 Belum lagi komentar-komentar dari para blogger yang memberi selamat karena saya sudah menyelesaikan skripsi saya. Saya tersanjung (sekaligus bersyukur). Mereka bahkan sebenarnya tidak mengenal saya. Namun saya dapat merasakan bagaimana mereka ikut senang dengan apa yang saya capai kala itu. Semuanya menjadi salah satu momen yang akan terus tersimpan dalam memori saya.

Sejak itu saya suka melakukan blogwalking. Membaca berbagai macam kisah dari berbagai macam manusia melalui blog mereka sungguh membuat pembelajaran saya tentang hidup bertambah ^_^

^_^
Cheers!

2 thoughts on “My “First” Online Experience

    • Amin😉 Makasiiiiii dinandjait😀 Huaaaa baterenya jangan dimintaaaaa, aku kasi bungkusnya aja yaaaaa.. hihihi ^_^

Leave a Reply

