Sholat Idul Adha Di Bali

Saya lagi ngawang nih. Lagi “dapet” hari pertama. Hampir pingsan tadi pagi pas berangkat ke kantor. Sekarang rasanya ngawang. Saya mesti bikin rundown sama script MC buat acara penandatangan sama Kantor Berita Taiwan, sama Taiwan Radio International juga. Nggak, nggak, ‘epse’ nggak ikutan diacara penandatanganan ini. (yaiyalah odonggg).

E iya, sesuai judulnya saya mau cerita tentang sholad idul Adha di Bali beberapa waktu lalu itu lohhh.

Begini ceritanya.

Saya sekamar sama Mba Tika. Kita bangun telat. Jam enam kurang lima belas mba Tika teriak teriak karena jenggotnya kebakaran. Nggak nggak, bukan bukan. Mba Tika teriak-teriak bangunin saya karena shock ngeliat jam udah jam enam kurang lima belas itu. Padahal gosip-gosipnya sholat ied di situ mulainya jam enam. Saya sama teman-teman yang sholat ied secara kita juga bukan penduduk lokal niatnya jangan sampe bangun kesiangan. Tapi yah apa daya.

Mba Tika (lari bolak balik bolak balik panik): Estiiiii!!! Bangun Tiii!!! Telattt kitaaaa!!!

Saya (bingung ngeliatin mba tika bolak balik): Hoaammmm, Iya iyaaa.

Mba Tika: Gw mandi duluan dehhh!!

Saya (pasrah): Ho’oh

Mba Tika mandi, saya? saya ngelipet lengan kemeja yang mau saya pake sholat. Tu kemeja adalah satu-satunya pakaian yang pantes buat dipakai Sholat Ied. Baju saya yang lain tinggal sisa kaos. Ad batik tapi udah dipakai alias kotor.

Selesai Mba Tika mandi, gantian saya yang masuk kamar mandi (kalo masuk bilik tandanya mau nyoblos). Belum ada lima menit saya di kamar mandi, Suara Mba Tika terdengar lagi.

Mba Tika: Estiiiiii, cepetaaannnn Tiiii! Udah telattt kitaaaa!

Saya (Bales teriak dari dalam kamar mandi): Iyeeeee! Set Dah! Bentar dulu kenapaaaa!.

Fyi yah, paling nggak suka deh diburu-buru kayak bgitu.

Keluar dari kamar mandi saya masih bekah bekuh.

Saya: Ini masih jam enam lewat dikit gituuuu. Bukannya Sholat Ied mulainya jam 7 yahhh.

Mba Tika sibuk beberes apa-apa yang mesti dibawa.

Saya, mba Tika sama Mba Diah plus Mas Wawan akhirnya Sholat di Lapangan Renon gitu. Lapangannya luassssss deh (klo biasa aja namanya aula, dongo). Sampe di sana kami ngeliat banyak banget balon-balon mainan dengan bentuk Motor-motoran, Sponge Bob, Dora, Diego, dll. Banyak banget ibu/bapak yang sholat bawa anak-anaknya beli balon-balon itu. Jadi deh Sponge Bob, Dora sama Diego ikutan sholat ied.

Di Lapangan Renon itu ada Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Bentuknya kayak mini candi borobudur gitu.  Katanya di dalemnya ada museumnya. Tadinya pengen banget masuk museum itu. Tapi ternyata waktunya nggak cukup karena mesti cepet-cepet check out dari hotel, abis itu ke Bandara deh.

Selesai sholat, kan ada ceramah dulu kan. Ada orang-orang yang sudah pulang pas ceramah masih berlangsung. Terussss, tiba-tiba khotibnya ngomong sambil teriak.

Khotib: Jangannn pulang duuluuu!! Dengarkan ceramah ini sampaii selesaii!! Berhentiii!! Jangann pulanggg duluuu!!

Gitu deh kira-kira.

Saya pandang-pandangan sama mba tika sama mba Diah (Klo pandang-pandangan sama bule ganteng ntar gw flirting). sampe segitunya tu Khotib teriak. Udah kayak ngajakin jihad. Habis itu, yang mau pulang mah teteppp ajaa pulang. Nggak peduli ada yang neriakin.

Ketika menuju tempat parkir saya, mba diah dan mba tika ngeliat ada tukang sate. Baunya enak deh. Tu asep sate udah nyebarin wangi kemana-mana. Didorong oleh rasa lapar, ngebayangin makan sate kayaknya enak. Ternyata Mba Tika sama Mba Diah juga memiliki angan-angan yang sama dengan saya. Hihihi.

Dengan gegap gempita kamipun mendekati si tukang sate. Terus mengamati lebih dulu karena si tukang sate sedang melayani pembeli.

Mba Diah: Eh sate apaan ya tu???

Mba Tika: Eh iya. Enak kayaknya.

Saya (Sotoy): Sate kikil deh kayaknya.

Mba Tika: Kikil apa ayam itu???

Mba Diah: Beli yuk beli yuk, Laper nih.

Saya: Iyah, laper.

Kami pun mulai antri.

Saya (sambil senyum maniez): Pak, ini sate apa Pak?

Penjual sate (cool): Babi

Saya: (senyum kaku binti pait)

Mba Diah: Hah?? Babi yah???

Saya: ho’oh

Mba tika: Eh apaan tadi itu sate?? Babi??

Saya: Iye.

Mba Diah: Kita udah ngirup baunya. Haram nggak tu bau nya???

Mba Tika: Iyah, baunya wangi.

Saya: Sayang babi..

:p

Kami pun langsung beranjak menuju tempat parkir menunggu Mas Wawan dan Mas Dhanny, kemudian balik ke Hotel.

One thought on “Sholat Idul Adha Di Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s