ISIC, Kartu Pelajar Yang Bisa Kasih Diskon

ISIC. Saya baru dengar tentang ISIC dari saudara saya yang berstatus mahasiswa. Bagi yang baru kali ini mendengar tentang ISIC pasti pertanyaannya sama dengan pertanyaan saya waktu itu, “Apaan tuh ISIC?”

Saudara saya itu menjelaskan bahwa ISIC merupakan singkatan dari International Student Identity Card. Berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, untuk di Indonesia ISIC tentu saja menjadi ISIC Indonesia. PT Alive Indonesia merupakan satu-satunya Licence Authority (LA) di Indonesia yang memiliki hak untuk mengembangkan, menerbitkan dan membina kerjasama antara ISIC Indonesia dengan pihak-pihak terkait.

ISIC diperuntukkan bagi siswa/mahasiswa aktif dari usia 12 tahun hingga tak terbatas, selama statusnya adalah siswa / mahasiswa aktif. Hanya dengan menunjukkan kartu ini si pemilik kartu ISIC bisa mendapatkan diskon dan penawaran menarik lainnya di lebih dari 40.000 merchant bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Untuk memiliki kartu ISIC pelajar/mahasiswa cukup mendaftar dan membayar iuran tahunan sebesar Rp. 110.000,-. Jangan katakan pada saya kalau kamu (yang merasa pelajar atau mahasiswa) nggak sanggup menyisihkan uang sejumlah itu untuk jangka waktu setahun sekali. Uang sejumlah itu masih masuk akal dikeluarkan setahun sekali untuk sebuah keanggotaan.

Siapa yang nggak tertarik mendengar kata diskon?! Terutama untuk kalangan pelajar/mahasiswa yang isi sakunya terbatas serta mayoritas masih bergantung dari pemberian orangtua, diskon pasti menjadi salah satu hal yang paling dicari. Lutuye Salon dan MP Book Point merupakan dua dari beberapa merchant ISIC yang menarik perhatian saya. Menjadikan salon dan toko buku menjadi bagian dari merchant merupakan keputusan yang bagus untuk ISIC. Pelajar dan Mahasiswa suka mengunjungi dua tempat tersebut. Kemudian dengan berpartner dengan MP Book Point berarti ISIC telah membantu program pemerintah dalam menggalakkan Gemar Membaca. Mudah-mudahan untuk waktu-waktu mendatang MP Book Point dapat meningkatkan diskonnya menjadi lebih dari 10% untuk pemegang kartu ISIC sehingga keinginan atau kebutuhan membeli buku bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia dapat lebih teringankan, terpenuhi🙂

Merchant-merchant ISIC lainnya yang dekat dengan kehidupan pelajar dan mahasiswa adalah Excelso Coffee, Pizza Marzano dan Citi Games. Untuk lebih mengetahui apa-apa saja yang telah menjadi merchant ISIC dapat dilihat melalui http://www.isic.co.id. Sekali lagi, akan menjadi lebih menarik jika ISIC dapat meyakinkan para merchantnya untuk memberikan diskon lebih dari 10% atau mungkin dengan pemberian souvenir untuk para pemegang kartu ISIC. Kemudian akan lebih menguatkan keberadaanya jika ISIC Indonesia dapat lebih banyak mengajak bergabung berbagai perusahaan produk dan jasa yang bersentuhan dengan kehidupan pelajar dan mahasiswa seperti bioskop, mall, game zone, penerbit buku, atau lokasi wisata.

ISIC telah membuat sebuah terobosan baru di Indonesia. Bertahun-tahun lalu ketika saya masih menjadi pelajar juga mahasiswa saya tidak pernah mendengar ada kartu pelajar seperti ISIC. Saya hanya tahu kartu pelajar itu yang membuat adalah sekolah masing-masing dan tentu saja tidak bisa memberikan fasilitas diskon bagi pemiliknya. Untuk menambah gaungnya di Indonesia, mungkin ISIC bisa membuat event-event bekerja sama dengan merchant-merchantnya dan juga berbagai pihak yang mendukung keberadaan ISIC.

Melalui website ISIC indonesia dijelaskan bahwa ISIC indonesia telah mendapatkan dukungan dari Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. Seperti yang sempat disinggung di awal, ISIC berlaku tidak hanya di Indonesia. Kartu ISIC berlaku di lebih dari 100 negara lainnya di dunia.

Walaupun bukan berasal dari dalam negeri. Tapi kalau bisa berguna bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia mengapa tidak?! Dan tidak berlebihan jika ISIC Indonesia memiliki tagline “Gaul Asik Dengan ISIC”

Mr. Isic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s