INDONESIA (MASIH) PUNYA KANTOR BERITA

Kantor Berita ANTARA

Logo ANTARA

ANTARA lahir 72 tahun yang lalu, tepatnya 13 Desember 1937. Para pendiri ANTARA adalah A.M. Sipahoetar, Soemanang, Adam Malik dan Pandoe Kartawigoena. Alasan didirikannya ANTARA karena mereka merasa tidak puas tehadap pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa di Hindia Belanda terutama mengenai kehidupan sosial politik masyarakat Indonesia, yang disiarkan Aneta (Algemeen Nieuws-en Telegraaf-Agentschap). Kantor berita Belanda itu menyebarkan hasil liputannya bukan saja di Hindia Belanda, melainkan juga di Eropa. Kalangan pergerakkan kebangsaan Indonesia, baik yang berada di Hindia Belanda maupun di Eropa, menganggap berita di Aneta berat sebelah. Aneta bahkan sering sama sekali tidak memberitakan peristiwa-peristiwa politik yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia.

Gedung ANTARA lama di Pasar Baru

Pada 17 Agustus 1945 ANTARA lah yang untuk pertama kalinya menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia menggunakan pemancar dan buletin ke seluruh belahan Indonesia dan dunia. Gedung tempat ANTARA “berpartisipasi” dalam salah satu catatan sejarah besar Republik ini sekarang masih ada. Letaknya di Jl. ANTARA No. 57 -59, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Terletak hanya beberapa meter dari pintu masuk utama Pasar Baru. Saat ini gedung ANTARA Pasar Baru sering digunakan untuk pameran foto dan juga pelatihan jurnalistik. Sedangkan kantor pusat ANTARA, termasuk bagian Redaksi berada di Wisma ANTARA, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 17 Jakarta Pusat.

Wisma ANTARA Jakarta

Wisma ANTARA Jakarta

Sebagai sebuah Kantor Berita, ANTARA bertugas untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting, ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional. ANTARA memiliki 32 Biro di 32 Propinsi di Indonesia. ANTARA juga memiliki beberapa perwakilan di luar negeri.

Mulai akhir tahun 90an, pengiriman berita kepada para pelanggannya menggunakan satelit/VSAT (Very Small Aperture Terminal). 18 Juli 2007 ANTARA mulai menyandang status Perusahaan Umum. Dengan begitu nama lengkap ANTARA berubah menjadi Perum LKBN ANTARA (LKBN kependekan dari Lembaga Kantor Berita Nasional). Pemberian status Perum guna memudahkan kerja kantor berita perjuangan tersebut untuk menghadapi era konvergensi media dan tantangan bisnis media yang kian mengglobal. Sebagian berita ANTARA juga diformat untuk publik melalui portal berita publik http://www.antaranews.com.

Saat ini Perum LKBN ANTARA menghasilkan berbagai konten berita teks, foto dan video yang menyasar lebih dari 300 pelanggan media. Pada 2007 kehadiran ANTARA semakin diakui oleh dunia internasional dengan terpilih menjadi Presiden OANA atau Organisasi Kantor Berita Se-Asia Pasific.

Portal Berita antaranews.com

“We Turn Information into Knowledge” menjadi slogan www.antaranews.com, portal berita ANTARA yang merupakan salah satu unit bisnis Perum LKBN ANTARA. antaranews.com dapat diakses secara bebas oleh segala lapisan masyarakat dan menampilkan berita-berita yang terjaga keakuratannya. Sesuai dengan slogan yang dimiliki, antaranews.com adalah satu bukti bahwa Kantor Berita ANTARA hadir untuk mewujudkan masyarakat bijak serta berbasis pengetahuan.

ANTARA terus berbenah diri. Bukan hanya agar menjadi kantor berita berkelas dunia, namun juga agar (kembali) dapat menjadi kebanggaan Indonesia.

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s