Kamu Sudah Mandi Belum?

Jujur ya, dulu saya suka males mandi. Apalagi kalau pulang beraktivitas. Eits, meskipun dulu males mandi tapi badan saya pastinya wangiiiii donggggg. Gimana yah, wangi udah bawaan saya dari lahir siyyy. Hihihihiy.

Ummm saya males mandi bukan karena ‘males’, atau takut kena air kayak kucing, tapi karena ada “kelainan” dalam tubuh, kadang saya suka muntah-muntah kalau badan kena air dingin. Mandi pakai air hangat??? Yahhh. . lamaaa.. Saya males masak airnyaaaa.. :p

Tapi males mandi itu dulu.

Sekarang saya seneng banget mandi. Terutama begitu pulang kantor.

Saya nggak gitu peduli lagi kalau memang awalnya saya akan muntah-muntah di kamar mandi. Selama badan nggak lemas dan nggak sampai menggigil saya akan berlama-lama di bawah shower, membiarkan kucuran air membasahi tengkuk leher hingga kaki. Kemudian merasakan busa-busa sabun yang wangi. Tubuh biasanya terasa lebih enteng sesudah mandi. Kepala yang pusing atau sakit biasanya juga terasa lebih mendingan.

Ternyata mandi itu memang bermanfaat untuk kesehatan loh.

Melancarkan peredaran darah. Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Eh, tapi ada yang bilang juga kalau perlu diperhatikan mandi air dingin juga bisa mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

Meningkatkan sel darah putih. Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Menurunkan resiko darah tinggi. Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

Meningkatkan kesuburan. Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh. Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

Membuat rambut lebih sehat. Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi. Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat. Terlepas dari ritual yang biasa dilakukan orang Jepang tersbut, rasanya memang logis ya bila mandi air dingin bisa berefek meredakan depresi dan stress. (Like I told you)

See?! Asyik nggak tuh mandi?? Eh eh sekarang saya lagi seneng-senengnya beli berbagai macam sabun cair yang wangi-wangiiiii. Hihihihi. Buat saya, wangi yang berbeda bisa menimbulkan feel yang berbeda juga. Misalnya, kalau wangi bunga lebih untuk feel relax, kalau buah-buahan untuk feel yang lebih semangat gitu😀

Sabun cair yang gampang banget ditemuin di supermarket

 

Shower Gel made in MLM

 

Lulur mandi wangi bunga

 

Kamu sudah mandi belum??

Yuk mandi yuukkkkkkkkkk *ambilhanduksamasabunwangitrusngeloyorkekamarmandi*

Sumber artikel dari sini

18 thoughts on “Kamu Sudah Mandi Belum?

  1. lapor, pagi ini fie gak mandi😀 *tersipusipu* berangkat kerja gak mandi hehehehe…. mau gimana lagi darurat militer, PDAM airnya tak mengalir Kak, jadi terpaksa deh gak mandi *alasankepaksapadahalrelabangettuh* :p

    wah ternyata banyak banget yah kegunaannya, tapi tetap ajah gak tertarik mandi tuh kak… sehari sekali ajah deh cukup kyakyakya..😀, seperti kakak, aku gak bakalan bau acem deh kan emang bawaan orok wangi. ^-^

    • Huahahahaha Fieeeeeeeeee, mandi gihhhhh di rumah tetanggaaaa. Hihihihiy :p

      Ayo k Jakarta lagiiiiii, nanti kita main airrrrrrr hihihihihi :p

      • duh kak, yang namanya PDAM mati yah berarti sekampung tuh gak mandi hehehe… *ahaybanyaktemennya* ^-^v tapi neh mau mandi kok kak di kantor dah bawa perlengkapan mandi tapi masih males lagi nunggu inspirasi😀

        boleh, main airnya di bunderan HI yah kalo di kolam renang gak mau ah aku gak bisa renang…😛

    • Oia yaaaa. Hehehehe. Ak ga pake PAM di rmh, jd lupa berarti tetangganya juga ga punya air yaaa :p

      Kamu aj yg mandi di bunderan HI, ak c foto2 kamu aj dr jembatan penyebrangannn. Trus nanti ak update di blogggg. Hihihihi :p Kita k kolam renang kan ga berarti musti bs renang Fieeee😀

      • selama ada sesi foto2nya seh gak masalah mandi dibunderan HI hehehe…😛

        tetap euh gak mau ai ke kolam renang, mending ke hutan lalu belok ke pantai menyusuri tanah coklat yang bermuara di kedamaian *halahapajahayahfie*😛

        btw… ih… Kak Okta ngajarin fie gak bener neh, ini kan jam kantor bukannya kerja malah nge-blog?😀 hehhehe

  2. Ntar ak mnta bantuan achie buat nariknarik kamu k kolam renanggggg :p

    Eh, ak ini multitasking tau😀 Sambil kerja, sambil ngeblok, sambil makan, sama sambil ngeteh :p

    • hahaha… yang pengalaman ditarik achie nyebur ke kolam renang😛 oleh karena itu dan sebab itulah kak, fie gak mau apa lagi ada achie hemmm mending ngacir😀

      oh yah, kalo gak salah teh juga punya efek gak baik buat maag jadi mending kurangi nge-tehnya yah kak.

      • Heehhhhhhhhhhh.. dasarrrr c fieeeee :p tujuh keliling pusingnya, tujuh keliling juga rasa sayangnya.. hahahahaha😀 *apacobagw*

  3. Tidak, mbak…. Tidaaaaaaaakkkkkkkkk……………

    Aku paling tidak suka mandi air dingiiiii… >.<
    Sebenarnya tergantung mandi di mana juga sih. Lha rumahku di bogor kalau subuh dinginnya naudzubile. Pernah sekali mandi pake air dingin karena water heater rusak. Alhasil, langsung pusing dan sakit. Ngga lagi-lagi deh… Air hangat yang penting sehat. Hahaha..😀

    • Hahahahahaha.. Mau pake air dingin atau hangat yang penting mandiiiii.. hihihi😀

      Eh rumah ku ga di bogor tapi airnya suka dingin banget jg loh😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s