Surat Di Akhir Tahun

Untuk Kakakku Tercinta Sulung Pujisusanto

Assalamualaikum Mas! How u doin’ up there? Is it preety good? I hope so🙂

image

Udah akhir tahun lagi ya mas. Dan 2 Desember lalu adalah Ulang Tahunmu. Kira-kira kalau kamu di sini, kita mau ngerayain pake apa? Palingan mama ngajakin ke Bogor atau ke Bandung, mas.

Mas, di sana ada bunga matahari gak? Kayak yang di rumah. Itu yg tanem aku loh! Hehehe. Keren kan tu bunga?! Mawarnya mama juga keren sih. Tp kyanya musim hujan agak jarang ada bunganya deh.

Paling suka deh ya kalo lagi di rumah trus ke taman balkon kita. Ngeliatin hujan, ngeliatin bunga mawar, matahari, anggrek ungu, melati. Trus sok-sokan panen cabe. Hahaha.. belagu ye pohon cabe cuma sebiji aja bahasanya panen :p

Well.. I have to be grateful for so many things this years. Terutama untuk segala kekuatan dan tenaga yang kadang aku nggak tahu datangnya dari mana. Kekuatan dan tenaga buat menghadapi semua. Aku tahu kamu juga pasti ikutan jagain aku, kan?!🙂

Tahun ini aku belajar lebih banyak hal lagi, mas. Cobaan itu, kebohongan itu, tentang Abi, mereka yang memutuskan untuk pergi meski sekarang mereka ada di sini lagi, itu semua masuk jadi hal-hal terbesar yang “menampar”ku untuk mau melihat berbagai hal yang selama ini mungkin sengaja nggak aku lihat.

Aku belajar banyak tentang manusia dan pengharapan. Aku mulai benar-benar mengerti how to have low expectation while still having the high standart. Emang bener ya mas.. kadang kita terlalu sibuk meraih tujuan sampai lupa untuk menikmati prosesnya..

Sometimes I feel so.. unbelievable can make it ’till this far..🙂 I feel like… … … speechless…🙂

By the way, Mas Sulung.. kalau ketemu Abi entah dimana di atas sana, bolehkan titip salam?! Bantuin Abi pulang, mas.. Bisa nggak? :’) Banyak banget orang di sini nunggu Abimanyu bangun loh mas. Termasuk aku..🙂

Ummm.. I’m trying my best, mas. For every single thing that I have. Yes I push my self to the limit. But there are times when my best shot not good enough for them. Reality bites, rite?! Kayak di lagu Fix You nya Coldplay tuh mas.

‘When you try your best but you don’t succeed. When you get what you want but not what you need.’

Aku nggak mau bohong (nggak bisa bohong juga) kalo kadang aku capek. Kadang aku ingin berhenti aja. Ingin melepaskan semua.

Tapi begitu aku melihat satu-satu setiap wajah yang aku sayang, ada kekuatan datang lagi. Apalagi kalau denger mereka bilang mereka sayang aku.. Ahhhh.. salah satu sumber kekuatanku berasal dari situ..🙂

Well, dan salah satu berkah tahun ini adalah Allah bikin ak bisa mengunjungi beberapa tempat untuk “bermain-main”.

Bahkan aku bisa datang ke Palembang buat yang kedua kalinya. Membuat orang-orang di sana bilang, “Tuh kan mba esti bener kan dateng kesini lagi. Minum air sungai Musi sih..” Pertanyaannya adalah.. kapan aku minum tuh air sungai ya mas?? apa jangan-jangan ada yang diem-diem ganti minuman aku pake air sungai Musi??? Ngapain juga begitu?? Emang di sinetron??!?

But anyhow, aku balik lagi kesana aja gitu loh. Terus bisa naik perahu di sungai Musi. Ke Pulau Kamaro yang Pagodanya warna merah cantik itu.

Tahun selanjutnya masih ada banyak tempat yang aku sasar buat aku datengin nih mas. Ssttt.. tolong bantuin bikin papa gak cerewet tentang itu yah.. :p

Oh ya, dan tahun ini juga genap setahun aku jadi kontributor di Andaka. Haha. Semoga anak-anak di daerah itu bisa dapetin sesuatu ya mas dari tulisan-tulisan aku..🙂 Susah ternyata bikin tulisan buat anak-anak.. harus berpikir dengan cara pikir atau cara pandang mereka.. Tapiiii aku nggak akan nyerah.

Nulis di Andaka adalah salah satu hal yang aku syukuri di tahun ini karena keinginan aku buat bisa berbuat sesuatu buat bangsa ini dikabulkan sama Allah. Nulis buat anak-anak yang nggak tinggal di ibukota. Supaya mereka bisa tahu banyak hal juga. Kemudian di masa depan bisa jadi orang yang nggak cuma protas protes aja sama negaranya, tapi bisa berbuat sesuatu juga.

Hmmm.. ada begitu banyak hal yang mau aku obrolin ke kamu, mas.

Hey… do I make you proud? for having me as your little sister.. Or you dissapointed with me??

Humm.. I want and I need to go to one place nih mas dalam waktu dekat.. Mudah-mudahan Allah belum bosen ngasih keajaiban-keajaibannya lagi buat aku ya mas🙂 Amin!

Ok, I gotta go. I’ll catch you up later on, brother. In my pray😉

Dengan banyak rindu
Really a lot..

-Your little sister down here on earth-

(Vian)

Leave a Reply

